Minggu, 01 Maret 2009

KEY OUTLET

Hii Bloger marketers, salam sukses selalu.


Sebagai orang pemasaran tentunya kegiatan kita dalam hal penjualan sering kali melalui key outlet, apa yang dapat kita manfaatkan & di pelajari dari type outlet seperti ini khususnya key outlet produk – produk consumer goods di antaranya adalah;
1. Key outlet merupakan perpanjangan tangan kita untuk mengcover area dimana kita mempunyai keterbatasan untuk mengcover area tersebut, bisa keterbatasan team, armada, space gudang dll, selama terjadi hubungan yg win di antara kedua belah pihak tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak.
2. Key outlet biasanya juga memberikan kontribusi sales yg paling besar, hal ini sangat membantu untuk mendongkrak sales kita dengan cara instant, dengan program yg tepat sasaran hal ini akan cukup efektif & efisien untuk pencapaian sales kita, di bandingkan dengan kita memanfaatkan non key outlet di mana kontribusi salesnya kecil.
3. Key outlet biasanya juga mempunyai sales yang besar untuk produk- produk yang lain bahkan bisa juga merupakan produk competitor utama kita, yang perlu di evaluasi berapa besar produk kita di total bisnis key outlet tersebut ? apakah outlet tersebut focus terhadap produk kita dalam artian mau mendorong lebih untuk drive produk kita, bila tidak sudah pasti produk kita bisa tidak bertumbuh bahkan bisa turun bertahap tanpa kita sadari.
4. Key outlet cenderung menjual produk – produk yg memberikan margin atau keuntungan yg paling besar, produk dengan margin tipis tentunya akan di kesampingkan atau kurang diperhatikan, kecuali produk anda merupakan market leader dengan demand pasar yang memaksa outlet wajib menjual.
5. Key outlet cenderung menjual produk – produk yang sudah memiliki demand atau sudah ada konsumen yang mencari, typical ini memang hampir dimiliki oleh semua outlet hanya saja khusus key outlet sering kali memanfaatkan produk yg sudah eksis ini sebagai ujung tombak untuk menarik sales produk yang lainya bisa dengan harga murah dll, hal ini menyebabkan harga pasar rusak, dampak harga rusak bisa berpengaruh keberbagai hal yang cenderung negatif.
6. Key outlet mempunyai dampak positif & negatif, khusus dalam hal pengembangan pasar dimana kita harus penetrasi ke rural area atau lebih kedalam lagi dengan tujuan membentuk pasar sering kali melalui key outlet ini menjadi kurang efektif bahkan bisa terjadi tidak sesuai dengan keinginan kita, effort yang kita lakukan harus balance sesuai dengan fungsi masing- masing.

Outlet ataupun key outlet merupakan aset yang paling besar, kita bekerja dengan dan melalui outlet untuk itu kita wajib menjaga & membina hubungan sebaik mungkin, dengan kondisi yg balance antara principle, distributor & key outlet dimana semua kepentingan dapat terakomodasi akan tercipta hubungan bisnis yang sangat solid dan menguntungkan kesemua pihak, teman – teman semua selamat berbisnis dengan key outlet Anda & good luck.

Tidak ada komentar: