Jumat, 10 Juni 2011

REPEAT BUY

Hii Blogers marketers...., salam sejahtera bagi kita semua.


Dalam pertempuran di pasar salah satu indikator pemenang adalah repeat buy, pembelian secara kontinue dan konsiten tentunya tidak mudah didapat begitu saja, dari banyak sumber yg saya baca dan dari pengalaman selama ini ada beberapa hal yg perlu di ketahui secara mendasar bagaimana membuat outlet membeli secara kontinue !
Hal hal tersebut diantaranya adalah ;
1. Salesmanship Skill, kita bisa jualan banyak karena salesmannya bagus skillnya , dari bagimana cara menawarkan dan mengemasnya sampai outlet tergiur dan akhirnya membeli, tetapi salesmanship skill pun ternyata tidak cukup untuk membuat outlet terus-terusan membeli maka perlu Good will yg baik.
2. Good Will, outlet akan semakin loyal dengan kita bilamana goodwill dgn outlet terbina dengan baik, outlet merasa di perhatikan dan senang berbisnis dengan kita, meskipun demikian ternyata juga masih belum menjamin bahwa outlet akan membeli rutin karena itu perlu yg namanya Added Value for Product.
3. Added Value, sy dapat insight dari Pak FX Hadi ( Smart FM ) bahwa case ini bisa dicontohkan seperti orang menjual sprei, pertama salesman menjual sprei ke temanya atau saudaranya yg tentunya sudah ada goodwill yg baik, tetapi utk penawaran penjualan selanjutnya belum tentu teman dan saudaranya akan terus2 an membeli karena kasur di rumahnya juga terbatas shg pada akhirnya akan mengatakan sori sprei saya sudah cukup banyak, tetapi yg dimaksud added value ini adalah sebuah nilai yg menambah kekuatan produk untuk menjual dirinya sendiri, boleh jadi misalnya ada edisi khusus sprei anti kuman , sprei motif batik, sprei dgn acesaris lucu yg menarik dll tentunya hal ini akan membuat konsumen akan tertarik untuk membeli lagi-lagi & lagi, sampai disini belum selesai juga menjamin bahwa outlet akan terus rutin beli karena secara mendasar profit adalah tetap memberikan peran yg besar.
4. Margin / Profit, agar outlet terus membeli tentunya produk harus bisa memberikan profit untuk itu kita harus sangat hati-hati dalam seting harga dan promo yg menyertainya, hal ini agar outlet bisa menjual dengan harga yg tepat dan berdampak terhadap keuntungan outlet tersebut.
Tentunya dari 4 point tersebut masih banyak lagi yg bisa terus ditambahkan dan di eksplore lebih dalam , apalagi dgn perubahan dan percepatan habiit konsumen dan perkembangan teknologi saat ini, selamat menjual friends..., Sukses !

Tidak ada komentar: