Sabtu, 22 November 2008

TARGET SALES

Hii Bloger marketers apa khabar, salam sukses selalu.


Target atau sasaran adalah suatu hal yg selalu di buat untuk mencapai pada titik tertentu, apalagi kita yang berhubungan dengan sales- tentunya agar pekerjaan kita terarah dan fokus maka perlu juga penetapan target yg benar, dari buku yg saya baca berjudul “ Fight like a tiger Win like a champion “ penetapan target itu harus SMART yg berarti Specific, Measureable, Achieveble, Realistis & Time bound.
• Specific yg berarti target yang di tentukan jelas arahnya dan fokus pada hal2 yg sudah ditentukan, bisa saja area, produk, brand, dll.
• Measureable, adalah target yg ditentukan itu terukur sehingga sasaran yg akan dicapai jelas, bisa sasaran jumlah sales ( value atau kuantitas ), jumlah outlet, jumlah team, jumlah armada dll.
• Achievable, adalah sasaran tersebut memungkinkan untuk dicapai, apakah didasarkan pengalaman sebelumnya ( angka average ), sikon pasar saat ini, support program yg ada, dan faktor lain yg mempengaruhinya.
• Realistis, tentunya target harus realistis artinya dapat di implemantasikan dengan sikon baik factor intern maupun ekstern, bisa saja disesuaikan dengan peraturan pemerintah atau sisdur yg berlaku di intern perusahaan dll.
• Time Bound, batasan waktu adalah penting sebagai kerangka dalam menetapkan tahapan tahapan dalam bekerja mulai dari persiapan, action, evaluasi dan closing.

Dari pengalaman saya target sales yg sudah ditentukan wajib untuk terus diikuti pancapaianya secara konsisten, hal ini sebagai alat diagnosa dini bila sasaran yg akan kita capai mulai melenceng atau melambat, atau bahkan target sales juga bisa diadjust menjadi lebih besar atau lebih kecil sesuai dengan sikon yg terjadi dimana harus berdasarkan kondisi yg terbaik untuk team anda, hal ini berguna agar team tetap focus dan tidak kehilangan motivasi.
Target yg terbaik adalah di saat Anda sudah bisa menchalenge diri anda sendiri untuk mencapai batasan kemampuan maksimun yang ada dalam diri anda, selamat membuat target Anda.

Tidak ada komentar: