Setiap kali kita menonton televisi tentunya tidak terlepas dari gumpuran iklan komersil yg menawarkan segala produk, disaat itulah moment produk memperkenalkan jati dirinya, tentunya hal ini memang di harapkan agar konsumen mulai tahu, tergerak & memutuskan untuk membeli, tetapi sering kali kita mengalami pada saat mau membeli ternyata produk tersebut tidak ada di pasaran, di toko grosir tidak ada, di pasar toko yg jual eceran tidak ada juga apalagi di warung sebelah rumah kita, " tidak pernah tahu tuh produk apaan ya ? jawab si penjual warung sebelah.
Hal ini bisa terjadi untuk semua macam produk, apalagi untuk produk2 yg di konsumsi masal seperti mie instant, susu sachet, sabun cuci dll, saya rasa disinilah letak peranan " Distribusi ". Produk sudah di buat dengan baik, Price sudah di tentukan dengan tepat, Promosi sudah jalan dengan gencar, tetapi susah dicari dimana- mana, untuk itulah team Distribusi yg solid berperan.
Keberhasilan suatu produk tidak lepas dari kinerja team distribusi yg solid, artinya mempunyai area coverage yg luas, jumlah Outlet yg banyak, system operasional yg baik & juga didukung dengan team management yg solid di semua lini dari Chief sampai salesman.
Berapa banyak produk yg menjadi besar di karenakan faktor distribusi yg kuat & berapa banyak pula produk yg mulai mati karena susah ditemukan di pasar, jangan semata mata melihat sales produk Anda growth dan berkambang merupakan indikasi yg positif, Anda harus lihat ke pasar bagaimana avialabilitynya di trade ? jangan sampai menjadi bom waktu dimana konsumen Anda sudah beralih ke merk yg lain.
So peranan distribusi bisa di ibaratkan merupakan sayap yg bisa membuat produk anda terbang atau justru sebaliknya.
Salam Distribusi & selamat cek ke pasar.
2 komentar:
Thanks atas masukannya ya, salam sukses ya.
Salam sukses selalu
Posting Komentar